Pidato tentang Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Bersih

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya, sebelum saya mengucapkan sepatah-dua patah kata izinkan saya menghanturkan pangastungkara
”Om Swastyastu”
Yang terhormat kepala SMAN 1 Kubutambahan
Yang saya hormati dewan juri  dan Bapak /Ibu guru SMAN 1 Kubutambahan
Yang saya hormati pula Ibu guru pengajar Bahasa Indonesia SMAN I Kubutambahan
Dan tidak lupa dengan teman-teman yang saya cintai.
Puja dan puji syukur kita panjatkan kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa       (Tuhan Yang Maha Esa) karna atas rahmatnya kita dapat berkumpul dalam acara lomba pidato antar kelas dalam rangka menyabut HUT SMAN 1 Kubutambahan dalam keadaan sehat walafiat, dengan rasa kekeluargaan.
Hadirin yang berbahagia, judul pidato saya adalah Mari Ciptakan Lingkungan Sekolah yang  Bersih   . Saya mengangkat judul pidato ini karena masih banyak siswa yang tidak melaksanakan tugas piket dengan baik , kalau buang air kecil atau besar jarang disiram sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap,  dan banyak siswa yang membuang sampah sembarangan padahal di tempat- tempat tertentu sudah disediakan tempat sampah.
Hadirin yang saya hormati,  sering kita mendengar slogan-slogan di berbagai tempat terutama disekolah diantaranya “ bersih pangkal sehat”, “jagalah kebersihan “ yang isinya mengajak kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Akan tetapi slogan tadi tidak dipedulikan, slogan tadi fungsinya hanya seperti hiasan belaka tanpa ada aksinya, padahal pesan dari sebuah slogan sangat penting bagi kita. Banyak slogan yang mengajak kita untuk menjaga kebersihan, tapi apa kenyataannya? Siswa masih membuang sampah sembarangan, selain itu siswa juga merobek-robek kertas dalam kelas dan bila memakan jajan di tempat A bungkusnya dibuang di tempat A, padahal di tempat-tempat tersebut telah disediakan tempat sampah.
Sekolah sebagai tempat menuntut ilmu dan berinteraksi sosial hendaknya menjadi suatu tempat yang nyaman. Karena di sekolah siswa berinteraksi satu sama lain. Tentunya siswa memerlukan lingkungan yang mendukung demi terciptanya interaksi  yang baik. Saya sangat berharap ada tindakan – tindakan yang dapat menyadarkan siswa sehingga siswa sadar  betapa  pentingnya kebersihan lingkungan sekolah bagi  kesehatan dan suasana belajar yang baik.Kebersihan dan keasrian lingkungan sekolah merupakan  tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah. Guru dan siswa sangat berperan dalam pemeliharaan dan perwujudan lingkungan sekolah yang bersih dan  sehat. Dengan kondisi sekolah yang sehat akan melahirkan siswa yang cerdas, bermutu, berwawasan lingkungan serta mampu menerapkan sikap cinta dan peduli lingkungannya di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
Ada beberapa cara untuk menciptakan  kebersihan sekolah antara lain yaitu : membuat tata tertib kebersihan dan tidak  buang sampah sembarangan,  mengadakan lomba kebersihan kelas, dan memberikan nasehat apabila ditemukan siswa yang membuang sampah sembarangan, 
Hadirin yang saya hormati, marilah kita menjaga kebersihan sekolah karena dari informasi yang saya dapat dari buku dan internet tentang manfaat lingkungan sekolah bersih dan sehat  bahwa dengan sekeloh yang bersih dan sehat kita akan mendapatkan banyak manfaat seperti dengan  lingkungan sekolah yang sehat mendukung terciptanya suasana belajar yang baik, bila lingkungan sehat maka semua mahkluk hidup yang ada disekeliling kita akan dapat  bernafas dengan baik. Terutama kita sebagai siswa dapat menerima  materi pembelajaran dengan baik. Karena bila  ruangan kelas bersih, pastilah  udara akan sejuk. Dan oleh karena itu otak dapat menjalankan fungsi dan kegunaannya dengan sempurna. Otak dapat bekerja dengan cepat. Jika lingkungan sehat dan bersih, otak dapat bekerja melebihi dari benda cepat apapun yang pernah ada. Karena otak memiliki berjuta – juta rangsangan yang meliputi dan melindungi otak agar otak dapat bekerja dengan maksimal.
Setidaknya, dengan menjaga kebersihan, kita juga telah melestarikan dan menjaga maupun menghargai bakat kita dalam Iptek. Karena orang sukses pasti berasal dari lingkungan yang sehat dan bersih. Sehingga ia dapat berfokus pada pembelajaran yang ia terima dan tercipta suasana belajar yang baik yang ke dua yaitu kebersihan lingkungan mendorong  semangat belajar siswa, dalam setiap aspek dan perilaku siswa tentunya tampak dari kebiasaan nya setiap hari. Demikianlah dengan lingkungan  kelas bahkan lingkungan sekolah sekalipun. Bila lingkungan sekolah maupun lingkungan kelas termasuk ruangan kelas  bersih dan ditata sebaik – baiknya, maka motivasi belajar yang timbulpun akan mengajak  sahabat – sahabat untuk semangat dalam mengikuti pembelajaran. Yang ke tiga yaitu kebersihan dapat memperlancar otak manusia, perlu kita tahu bahwa lingkungan bersih atau tidaknya berdampak besar bagi  otak manusia. Karena oksigen berupa O2 yang dihirup melalui paru – paru sebagian besar  berfungsi untuk memperlancar peredaran darah melalui saraf otak manusia. Hal inilah yang selalu dikhawatirkan oleh manusia. Sehingga mereka dapat menjaga kebersihan lingkungan disekitarya. Oleh karena itu kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita. Semoga semua warga SMAN 1 Kubutambahan sadar akan pentingnya kebersihan dan mau menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Kalau ada bata merah mohon di rapatkan,kalau ada kata yang salah mohon di maafkan, burung pelikan burung cendrawasih, sekian dan terima kasih.
Om Shanti Shanti Shanti Om

Comments

Popular Posts